Call Us: 08888097722

Manajemen Sumber Daya Manusia

manajemen sumber daya manusia

Manajemen sumber daya manusia ( HRM , atau hanya HR ) adalah proses pengelolaan tenaga kerja organisasi , atau sumber daya manusia . Hal ini bertanggung jawab untuk daya tarik , seleksi, pelatihan , penilaian , dan bermanfaat karyawan , sementara juga mengawasi kepemimpinan dan budaya organisasi dan memastikan kepatuhan dengan pekerjaan dan tenaga kerja undang-undang . Dalam keadaan di mana keinginan karyawan dan berwenang secara hukum untuk mengadakan perjanjian kerja bersama , Manajemen Sumber Daya Manusia juga akan berfungsi sebagai penghubung utama perusahaan dengan perwakilan karyawan (biasanya serikat perdagangan ).

Manajemen sumber daya manusia adalah produk dari gerakan hubungan manusia abad ke-20 awal , ketika para peneliti mulai mendokumentasikan cara-cara menciptakan nilai bisnis melalui manajemen strategis dari angkatan kerja . Fungsi awalnya didominasi oleh pekerjaan transaksional , seperti gaji dan administrasi manfaat , namun karena globalisasi , konsolidasi perusahaan, kemajuan teknologi , dan penelitian lebih lanjut , HR sekarang berfokus pada inisiatif strategis seperti merger dan akuisisi , manajemen artis , perencanaan suksesi , industri dan hubungan kerja , dan keragaman dan inklusi.

Dalam perusahaan startup , tugas Manajemen Sumber Daya Manusia dapat dilakukan oleh para profesional terlatih . Dalam perusahaan besar , gugus fungsional seluruh biasanya didedikasikan untuk disiplin , dengan staf yang mengkhususkan diri dalam berbagai tugas HR dan kepemimpinan fungsional terlibat dalam pengambilan keputusan strategis di seluruh bisnis . Untuk melatih praktisi untuk profesi , lembaga pendidikan tinggi , asosiasi profesi , dan perusahaan itu sendiri telah menciptakan program studi yang didedikasikan secara eksplisit dengan tugas fungsi . Organisasi akademis dan praktisi juga berusaha untuk terlibat dan memajukan bidang HR , sebagaimana dibuktikan oleh beberapa publikasi lapangan - spesifik.

Dalam lingkungan kerja global saat ini , semua perusahaan global difokuskan pada mempertahankan bakat dan pengetahuan yang dimiliki oleh tenaga kerja . Semua perusahaan yang berfokus pada menurunkan pergantian karyawan dan melestarikan pengetahuan. Perekrutan baru tidak hanya memerlukan biaya tinggi tetapi juga meningkatkan risiko pendatang baru tidak bisa menggantikan orang yang bekerja di posisi itu sebelumnya. Departemen HR juga berusaha untuk menawarkan manfaat yang akan menarik bagi para pekerja , sehingga mengurangi risiko kehilangan pengetahuan.

Dalam prakteknya , HR bertanggung jawab atas pengalaman karyawan selama seluruh siklus hidup kerja . Hal ini pertama diisi dengan menarik karyawan yang tepat melalui majikan branding. Kemudian harus memilih karyawan yang tepat melalui proses rekrutmen . HR maka karyawan onboards baru dan mengawasi pelatihan dan pengembangan mereka selama masa jabatan mereka dengan organisasi. HR menilai bakat melalui penggunaan penilaian kinerja dan kemudian mereka imbalan yang sesuai. Dalam pemenuhan yang terakhir , HR terkadang mengelola gaji dan tunjangan karyawan , meskipun kegiatan tersebut lebih banyak diserahkan , dengan HR memainkan peran yang lebih strategis . Akhirnya , Manajemen Sumber Daya Manusia terlibat dalam pemberhentian karyawan - termasuk pengunduran diri , pemecatan terkait kinerja , dan redudansi.

Pada tingkat makro , Manajemen Sumber Daya Manusia bertugas mengawasi kepemimpinan dan budaya organisasi . Manajemen Sumber Daya Manusia juga memastikan kepatuhan dengan pekerjaan dan tenaga kerja undang-undang , yang berbeda dengan geografi , dan sering mengawasi kesehatan , keselamatan , dan keamanan . Dalam keadaan di mana keinginan karyawan dan berwenang secara hukum untuk mengadakan perjanjian kerja bersama , Manajemen Sumber Daya Manusia akan biasanya juga berfungsi sebagai penghubung utama perusahaan dengan perwakilan karyawan ( biasanya serikat pekerja ) . Akibatnya, Manajemen Sumber Daya Manusia , biasanya melalui perwakilan industri , terlibat dalam upaya lobi dengan lembaga-lembaga pemerintah untuk lebih prioritas.

Disiplin juga dapat terlibat dalam manajemen mobilitas , terutama yang berkaitan dengan ekspatriat , dan itu sering terlibat dalam proses merger dan akuisisi . Manajemen Sumber Daya Manusia umumnya dipandang sebagai fungsi pendukung untuk bisnis, membantu untuk meminimalkan biaya dan mengurangi risiko.

Contact Us : training@erudite-indonesia.com / Whatsapp 08888097722

Related Training :