Call Us: 08888097722

Sistem Manajemen Mutu atau Kualitas

Kualitas atau Mutu adalah standar minimal yang dibutuhkan oleh sebuah organisasi , baik dalam dunia bisnis dan dalam pelayanan publik , agar mampu bersaing dan mempertahankan eksistensi dalam jangka yang panjang. Manajemen mutu membutuhkan keterlibatan setiap elemen dalam organisasi untuk mencapai kepuasan pelanggan sebagai fokus utama kualitas untuk segala sesuatu yang dikerjakan. Dua hal dasar yang harus dikelola adalah : konsistensi layanan , yang tercermin dalam standar pelaksanaan prosedur , dan perbaikan terus-menerus yang diwujudkan dalam parameter terukur melalui Service Level Agreement ( SLA ).

Dasar dari manajemen mutu adalah suatu proses yang dapat dikontrol. Peningkatan Kualitas merupakan langkah berikutnya yang perlu dilakukan oleh organisasi untuk mencapai kepuasan pelanggan dan nilai tambah berdirinya pada produk atau jasa. Peningkatan kualitas dimulai dengan menetapkan tujuan dan target serta inisiatif seperti program peningkatan kinerja.

Sistem Manajemen Mutu adalah sebuah sistem terintegrasi yang dirancang untuk menerapkan Manajemen Mutu dalam suatu organisasi, melalui berbagai elemen seperti Struktur Organisasi, prosedur dan sumber daya . Implementasi SMM memerlukan berbagai kemampuan seperti audit dan analisis akar penyebab . Tujuan Audit adalah untuk mengukur efektivitas pelaksanaan sistem manajemen yang telah diimplementasikan dalam sebuah organisasi . Padahal tujuan dari Root Cause Analysis adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan efektivitas penerapan Sistem Manajemen Mutu.