Call Us: 08888097722

Rekrutmen Karyawan

rekrutmen karyawan

Rekrutmen adalah proses penerimaan seorang karyawan untuk suatu pekerjaan atau posisi jabatan. Tergantung dari besarnya dan budaya perusahaan, proses rekrutmen karyawan juga dapat dilakukan oleh konsultan manajemen sumber daya manusia yang mempunyai spesialisasi di bidang tersebut.

Yang pertama kami akan membantu merencanakan dan memprediksi pekerjaan, maksudnya adalah membantu dalam proses menentukan posisi yang akan diisi dalam perusahaan dan bagaimana mengisinya. Pendekatan perencanaan personel yang paling umum melibatkan penggunaan teknik-teknik sederhana seperti analisis ratio atau analisis trend.
Analisis tren adalah mempelajari kebutuhan pekerjaan masa lalu di perusahaan selama suatu periode tahun untuk memprediksi kebutuhan masa depan. Analisis Rasio adalah memprediksi untuk menentukan kebutuhan staf masa depan dengan menggunakan rasio di antaranya, misalnya volime penjualan dan jumlah karyawan yang dibutuhkan.

Kedua, setelah mengasumsikan untuk mengisi sebuah posisi adalah melakukan analisis deskripsi pekerjaan (job analysis) dan mengembangkan sejumlah pelamar untuk posisi tertentu, termasuk persyaratan yang dibutuhkan dan mulai mencari para kandidat di saluran atau koneksi yang ada. Sebagai contoh, Bila hanya ada dua kandidat yang melamar untuk dua lowongan, maka hanya memiliki sedikit pilihan selain memperkerjakan mereka. Tetapi, bila muncul 10 atau 20 pelamar, maka dapat menggunakan teknik seperti wawancara dan ujian untuk menyaring yang terbaik dari semuanya. Perekrutan yang efektif menjadi semakin penting karena perekrutan adalah hal yang lebih kompleks dari apa yang dipikirkan. Kegiatan ini tidak hanya melibatkan penempatan lowongan atau dari agen outsourcing. Pertama-tama, upaya rekrutmen harus sesuai dengan rencana strategis perusahaan. Kedua, memilih metode perekrutan yang lebih baik dari yang lain. Yang terpenting dalam perekrutan (dan rencana SDM secara umum) yaitu harus konsisten secara internal, dan sesuai dengan strategi perusahaan.

Ketiga, kami akan menganalisis apakah sumber kandidat yang diutamakan lebih baik dari internal atau eksternal. Mengisi posisi yang lowong dengan kandidat dari internal memang memiliki banyak keuntungan, yaitu kandidat dari dalam lebih berkomitmen kepada perusahaan, lebih memahami dan mengetahui kekuatan dan kelemahan kandidat. Meskipun begitu, memperkerjakan dari internal juga memiliki kekurangan. Yaitu, tidak selalu mendapatkan kandidat yang sesuai dengan mereka butuhkan dari internal dan terkadang mereka juga tidak ingin.

Keempat, kami akan melakukan interview pendahuluan dan melakukan test-test (psikologi, numeric, dan lain-lain) yang diperlukan kepada para pelamar pekerjaan. Yang kami perhatikan tidak hanya mengenai kemampuan akademis, tetapi juga soft skill yang dimiliki seperti jiwa kepemimpinan, kemampuan kerjasama atau menjaga hubungan dengan rekan kerja lain, dan bahkan kami juga menilai dari apakah kandidat cocok dengan budaya perusahaan yang menjadi klien kami. Kandidat yang berpotensial akan dijadwalkan untuk rapat dengan perusahaan klien untuk proses rekrutmen karyawan lebih lanjut beserta dengan data-data yang telah dihasilkan sebelumnya.

Selain untuk proses rekrutmen karyawan posisi staff, kami juga dapat melakukan proses rekrutmen karyawan hingga posisi top management dan untuk posisi yang spesifik atau membutuhkan keahlian khusus yang biasanya sulit dilakukan oleh bagian hrd inhouse suatu perusahaan. Kami telah mengembangkan koneksi sumber daya manusia yang kuat dan metodologi yang tepat untuk mendukung terjadinya keberhasilan proses rekrutmen kandidat yang tepat untuk posisi atau jabatan atau pekerjaan yang tepat.